Home / Profil Mukminan / Bobrok PDAM jangan Ditimpakan ke Pelanggan

Bobrok PDAM jangan Ditimpakan ke Pelanggan

PERMASALAHAN yang dihadapi PDAM Tirta Daroy, menurut anggota DPRK Banda Aceh, Mukminan lebih disebabkan karena ketidakmampuan manajemen mengendalikan kehilangan air yang mencapai 40 persen sehingga berdampak langsung pada los pendapatan hampir setengah dari jumlah air yang diproduksi.

Menurut Mukminan, ada dua penyebab kehilangan air (los pendapatan) PDAM Tirta Daroy yaitu kehilangan komersial akibat ketidakakuratan meter pelanggan dan kehilangan secara fisik akibat kebocoran teknis seperti kebocoran jaringan pipa dan penyambungan ilegal.

Dikatakan Mukminan, kehilangan air baik kehilangan secara komersil maupun fisik secara langsung menyulitkanPDAM dari segi biaya operasional karena penghasilan yang diterima tidak sebanding dengan jumlah air yang diproduksi.

“Seperti pernah diakui sendiri oleh Dirut PDAM  Tirta Daroy kepada pers, air yang diproduksi mencapai 70.000 kubik/hari. Dari jumlah itu terjadi kehilangan mencapai 40 persen atau sekitar 30.000 kubik,” kata Mukminan.

Mukminan juga mengutip hasil audit kinerja penyediaan air bersih PDAM  Tirta Daroy tahun 2013 dan 2014 oleh BPK, di mana tingkat kehilangan mencapai 46 persen. “Ini menunjukkan tidak ada usaha dari PDAM untuk menghilangkan los pendapatan. Ironisnya, ketika terjadi kesulitan biaya operasional, langsung diwacanakan kenaikan tarif. Harusnya, kebobrokan akibat ketidakmampuan PDAM  memaksimalkan pendapatan jangan dibebankan kepada pelanggan,” demikian Mukminan

Check Also

Profil Bang Mukminan , SE

Mukminan, adalah putra daerah asli banda aceh yang merupakan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *