Home / Liputan Media / Warung Diperintahkan Tutup, Mukminan Protes Wali Kota

Warung Diperintahkan Tutup, Mukminan Protes Wali Kota

BANDA ACEH – Anggota DPRK Banda Aceh Mukminan, SE memerotes tindakan Wali Kota Banda Aceh yang memerintahkan pemilik warung di Simpang Surabaya, untuk tutup jelang pergantian Tahun Baru 2016, Kamis (31/12/2015) malam.

Meskipun sudah memberi tahu dua hari sebelumnya, menurut Mukminan, kebijakan tersebut justru membuat ekonomi rakyat menjadi lemah yang pada ujungnya bisa menciptakan kriminalitas baru lantaran masyarakat tak punya penghasilan.

“Bagi saya aneh, apakah mencari nafkah di malam tahun baru dengan berjualan makanan melanggar syariat Islam,” tukas Mukminan kepada Serambinews.com, Jumat (1/1/2016) siang.

Anggota dewan dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini lebih jauh mengatakan, “Di mana syariat Islam yang dilanggar warga saat berjualan di malam tahun baru, apakah makanannya yang tidak halal, atau penjualnya berpakaian seksi?”

Menurut Mukminan, semestinya Wali Kota bisa membedakan antara penjual makanan musiman dengan penjual yang sudah permanen.

Misalnya, apakah warga bersangkutan hanya muncul berjualan saat tahun baru aja, atau memang sudah lama berjualan di tempat tersebut.

Pendataan ini, menurut Mukminan penting, sehingga kebijakannya itu tidak merugikan rakyat yang hanya mencari nafkah untuk kebutuhan hidup satu sehari.

“Jika pun Wali Kota ingin menutup warung, harusnya ada kompensasi dalam bentuk lain, misalnya memberi insentif Rp 200 ribu per hari, itu baru adil,” ujar Mukminan yang dikenal sebagai politisi kritis dan  bersih itu.

Sepertinya diberitakan sebelumnya akibat penutupan warung tersebut menjelang tahun baru, membuat para pelanggan yang sudah memesan makanan terpaksa makan dalam gelap.

Pasalnya, lampu penerang dipadamkan sesuai permintaan petugas Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh. Bahkan, ada warga yang terpaksa menghidupkan lampu di HP untuk melanjutkan makannya. (*)

source Serambinews.com

Check Also

Mukminan Fasilitasi Pembangunan Kuburan Umum Gampong Pineung

Bertempat di Meunasah Gampong dilaksanakan Sosialisasi rencana pembangunan kuburan umum Pineung, yang dihadari para Perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *